54 comments on “Ibumu, Ibumu, Ibumu, Ayahmu

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Meskipun saya gak akan pernah menjadi seorang ibu saya tetap setuju. Ibu layak mendapatkan penghormatan sebesar itu.

    Selamat utk Pertamanya…hehe
    Seorang Ibu, memang sangat mulia hakikatnya… Dan seorang Ayah pun…juga mulia adanya…
    Makasih utk koment pertamanya…
    Salam hangat…
    Salam damai selalu…

  2. Tersanjung bgt deh tp jgn sampe terlena….sbb tgg jwb ibu jg besar, pendidikan pertama seorg anak berasal dari ibu meski br dlm kandungan.
    Denger jg lagunya:
    # kasih ibu kpd beta takterkira sepanjang masa…hanya memberi tak hrp kembali…
    # satu satu aku sayang ibu….
    Salam diah

    Kasih seorang Ibu..memang sungguh luar biasa… Namun, peran seorang Ayah pun..juga sangat penting dalam kehidupan kita…
    Salam hangat… Salam damai selalu….

  3. Sesungguhnya itu salah satu pertanda bahwa ISLAM sangat menghargai kaum perempuan, tapi kenapa ada juga yang merasa dikucilkan ya…. alias masih memperjuangkan gender? kan dari dulu udah di posisikan di atas🙂

    Manusia kadang masih pingin yg lebih, lebih, dan lebih….
    Padahal Tuhan sudah memberikan masing2 jenis, segala kemampuan, keistimewaan, dan keunikan sendiri2….
    Makasih banyak kunjunganya…
    Salam hangat dan damai selalu….

  4. Sabda rasul memang tak pernah di makan oleh waktu

    Benar Mas… Tinggal bagaimana kita membaca dan mengamalkannya…
    Salam hangat…
    Salam damai selalu….

  5. Terima kasih telah mengingatkan
    Membaca postingan ini teringat saya sudah tidak pulang dari perantauan selama 3 tahun. Ibu adalah sebaik-baiknya tempat untuk berbuat baik.

    Sama-sama, sobat… Semoga segera bertemu dgn Ibunda Tercinta…
    Salam hangat dan damai selalu… Salam juga utk Ibundanya…

  6. Haaaaa.. (Mnghela napas pnjang)
    Setiap mendengar kata “Ibu” aku kyk khabisan kata2, aku ga brani bnyak brtutur tentang sosok itu, aku cuma bisa ikut snang karna mas Har tlah bisa menghargai sosok ini. Karena aku sejak kecil ud di tinggal Ibu, dia tlah brpulang lebih dlu sbelum aku bisa mencium wangi harum tangannya.
    Salam hangat.

    Maafkan saya Mas… Bukan maksud saya ingin membuat orang sedih dgn tulisan ini…. Semoga beliaunya selalu mendapat tempat yg paling mulia disisiNya….
    Salam hangat juga, dan salam damai selalu…

  7. ……

    Q lgs sedih klo bca hadits itu, krn smpai saat ne, Q ‘lom bisa mnghargai dgn bnar sosok itu
    ingin skali rsa na memeluk na, tp msh lom da ckup kbranian untk itu

    salam hangat.

    Semoga tulisan sederhana ini, bisa membawa makna positif utk kita semua…terutama tentang menghargai dan memuliakan sosok seorang Ibu….
    Makasih utk kunjungannya…
    Salam hangat juga..dan salam damai selalu…

  8. jadi kangen ma ibu dirumah… telp dulu ah…

    Mari, beri salam yg paling indah utk sang Ibunda…
    Salam saya utk Beliaunya, yaa sobat…
    Salam hangat dan damai selalu…

  9. Ibu, pelipur bagi hati yg tengah lara
    Penyejuk bagi jiwa yg merana
    Dan Pemberi tanpa balas jasa…

    Kasih ibu takkan pernah tergantikan
    kasih ayah takkan pernah terlupakan

    Seorang Ibu dan Ayah…takkan tergantikan oleh siapa pun juga… Mereka berdualah, yg telah berjasa dalam hidup dan kehidupan kita…
    Semoga Tuhan, selalu memuliakan keduanya…
    Salam hangat…
    Salam damai selalu…

  10. ini kan ucapannya pas kultum di masjid? hahaha… ya memang ibu yang paling berjasa di dunia ini. udah susah payah ngelahirin kita.

    Ini dengernya pas ketiduran di masjid kok…hehehe
    Jasa Ibu…tak pernah bisa terbayarkan oleh apa pun di dunia ini…
    Salam hangat… Salam damai selalu…

  11. Salam Takzim,
    Ibu karya hadad alwi
    Ayah karya Titik Puspa.
    Sama-sama ngetopnya, tapi hadad alwi bikin lagu ibu sampai 3 album, memang ibu lebih 3x dibanding Ayah…
    Tentang jawaban diskusi di blog saya bukan itu yang dimaksud gan, terima kasih atas diskusi yang mengasyikkan. Contohnya ada di Babesajabu
    Salam Takzim Batavusqu

    Yaa..jasa seorang Ibu, terutama saat melahirkan kita…rasanya tak kan pernah tertebus oleh apa pun, walau nyawa sekali pun…
    Oh yaa, maaf kalo gitu…hehehe, saya kira yg seperti bikin links di sidebar…
    Makasih juga yaa..udah urun rembuk di sini…
    Salam hangat dan damai selalu…

  12. Akhirnya kanglurik kembali. Kanglurik datang semua senang….

    Ibu memang harus dihormati dan diberi tempat tertinggi. Pengorbanan dan kasih sayang beliau kepada anaknya nggak akan berakhir. Kalopun ada, itu hanya oknum yang bersosok sebagai ibu.

    Senang rasanya memang, kalo ada Kang Lurik datang…hehehe…
    Yaa, pengorbanan dan kasih sayang seorang Ibu…sungguh tiada duanya di dunia ini…
    Namun pengorbanan seorang Ayah pun…juga sungguh besar terhadap anak2 dan keluarganya…
    Salam hangat.. Salam damai selalu, Kang….

  13. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank sukses selalu yaaaak
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    @KangBoed: Salam hangat.. Salam damai.. Salam sayang n Love You to…KangBoed

  14. hmm.. sayang sekali hanya sedikit yang mau membaca.. sanggat sedikit..

    Sayang banget yaa Kang…

  15. coba baca ini sambil dengar lagu lamanya exist..
    *bersenandung*
    ..oh ibu.. damailah engkau disana.. ku taburi doa mewangi.. hanya dari anakmu..

    Oh Ibuku… Hatiku pilu… Bila kuingat… Masa yg telah lalu…. *senandung lagu lama*🙂

  16. cinta dan kasih ibu, itu yang slalu ku damba.
    Do’a ibu yang menyejukan nurani, itu yang slalu ku nanti,. Karena,…,

    Karena, ridho Rabb semesta alam, beserta ibu yang ta’at kepada ketetapan-NYA

    Ridho Allah…bersama Ridho kedua Orang Tua…. Sungguh Mulia sekali, derajat Beliau berdua, yaaa….

  17. Wilujeng mas Har..
    saya perlu waktu untuk lebih dapat memahami hal ini..
    dan hanya salam Kasih Ibu yang mampu saya ucapkan di pagi yang indah ini..
    Monggo mas har, sinambi ngopi, ngudut, ngenet..

    Wilujeng ugi nggih, Mas Tyas…
    Saya juga masih mencari, maksud dari ucapan Sang Utusan… Bukan tentang jumlah sebutan Ibu, yg tiga kali itu…tapi lebih pada sosok, siapakah Ibu yg disebut sampe tiga kali tersebut… Karna pertanyaanya adalah, “siapa lagi”…berarti kan ada tiga “Ibu” disini…
    Monggo Mas, sesarengan ngunjuk wedang sambi ngudut kaleyan ngenet sisan… Puuunn pokok’e manteb tenaaann…

  18. Ibu…selalu jadi sosok yang dibahas di setiap zaman…Salam kenal…

    Namanya..tak kan pernah lekang oleh zaman… Selalu disebut dan dimuliakan…
    Salam kenal juga yaa.. Makasih udah mampir kemari…
    Salam hangat dan damai selalu….

  19. memang dalam al quran disebut demikian
    terima kasih pencerahannya
    btw hari ibu masih desember lho

    Makasih kembali Mas… Eh, iyaa..peringatannya ntar Desember yaa.. Tapi, Ibu adanya Tiap Hari Mas…hehehe
    Salam hangat.. Salam damai selalu…

  20. Assalamu’alaikum,
    Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, siapa yang paling berhak memperoleh pelayanan dan persahabatanku?” Nabi Saw menjawab, “ibumu…ibumu…ibumu, kemudian ayahmu dan kemudian yang lebih dekat kepadamu dan yang lebih dekat kepadamu.” (Mutafaq’alaih).
    Keridhaan Allah tergantung kepada keridhaan kedua orang tua dan murka Allah pun terletak pada murka kedua orang tua. (HR. Al Hakim). Jadi kita harus berbakti kepada kedua orang tua kita.

    Bener Mbak… Sudah seharusnya kalo kita harus berbakti serta memuliakan keduanya… Makasih utk pencerahannya…
    Salam hangat dan damai selalu…

  21. iya juga sih tidak terbayarkan. kalo kata orang itu pria yang lebih perkasa daripada cewe, ternyata salah. iya kan?

    Dalam hal tertentu mungkin, iyaa… Tapi dalam hal lain, mungkin bisa tidak…hehehe🙂

  22. bisa kompakn gini kita ya,mas nulis ttg orangtua kita.rasanya blm tbayar rindu saya bwt keduanya mudik kmrin.

    Iya, yaaa…hehehe
    Tapi paling tidak, kita udah tunjukkan pada kedua orang tua kita..kalau kita juga sangat sayang dan ingin dapat memuliakan keduanya…iyaa kan, Mbak…🙂

  23. Setelah menjadi ibu baru tahu kenapa rasulullah bersabda seperti itu..

    Jadi semakin yakin, yaaa….
    Makasih banyak atas kunjungannya…
    Salam hangat dan damai selalu…

  24. dengan segala pengorbanannya, kasih sayangnya, doanya, waktunya yang tersita hanya tuk membesarkan kita .. sangat pantas jika Ibu dihormati dan disayangi ..
    seiring waktu dan bertambah usia, rasanya semakin jarang kita mengucapkan sayang ke Ibu .. mulai saat ini, jangan sungkan2 bilang ‘Luv u, Mom .. ‘

    Iklan Gratis

    Pengorbanan dan kasih sayang seorang Ibu, sungguh tiada duanya di dunia ini…
    Mari beri salam yg terindah utk sang Ibunda…🙂
    Salam hangat dan damai selalu…

  25. Ibu adalah penerus generasi… ditangannyalah sebuah generasi akan terbentuk.. apakah menjadi baik atau bejat…

    Seorang anak, akan meniru dan mengikuti orang yg paling dekat dgnnya…dan itu adalah seorang Ibu….
    Salam hangat.. Salam damai selalu…

  26. muantap… tulisan yang sarat akan pesan moral… seorang Bunda adalah madrasah yang pertama bagi anak-anaknya… ummu madrastul ‘ula… salam Bunda…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    Ibunda…bagai Candradimuka-nya bagi seorang anak… Darinya, seorang anak digodod, dididik utk mengenal hidup dan kehidupan ini…
    Salam hangat… Salam damai selalu…

  27. jadi kangen ibu saya…
    semoga Allah menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya… amiin…

    Saya pun jadi kangen dgn Ayah, mbakyu…
    Semoga Beliau-beliaunya, mendapat tempat yg mulia dan agung disisiNya…Amin Yaa Robbal Alamin…

  28. Baru kerasa jasa2 ibu (dan juga ayah) setelah aku punya anak….

    Kita jadi bisa yakin, setelah merasakan sendiri menjadi Orang Tua…
    Salam hangat dan salam damai selalu….

  29. i love my mom..
    [maaf ya bu belum bisa memberikan y9 tebaik.. :(]

    Mari berikan senyum, salam, dan pengabdian yg terindah dan terbaik utk Sang Ibunda…
    Salam hangat dan damai selalu….

  30. jadi teringat lagu bang iwan fals… .untuk aku anakmu…ibuku sayang masih terus berjalan walau telapak kaki penuh darah penuh nanah..seperti udara kasih engkau berikan tak mampu ku membalas.. …IBU.. maaf mnyanyi di blog sobat.

    Ingin kudekap, dan menangis di pangkuanmu… Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu… Lalu doa-doa, baluri sekujur tubuhku… Dengan apa kumembalas… IBU…IBU….
    Aku suka banget dgn lagu ini, sobat…
    Makasih banyak udah nyanyikan lagu ini di Blogku…
    Salam hangat dan damai selalu…

  31. Se orang seharusnya menjadi ibu yang penuh ke ibuan kepada anaknya. tapi ternyata ada juga se orang ibu yang membuang anaknya semoga. ibu juga manusia

    Seorang bisa dikatakan sebagai Ibu, bukan hanya karna dia telah melahirkan kita saja… Namun dia juga yg merawat, melindungi, serta menyayangi kita…dia juga hakekatnya adalah Ibu kita… Semoga apa pun sebutan dan pandangan tentang seorang Ibu, tak menghilangkan kodratnya sebagai orang yg dimuliakan…

  32. pagi… ustadz haryana…. lama tak bersua……

    Wah…apa kabar nich, Mas Ustadz Koboy…hehehe
    Moga selalu baik2 aja yaa…
    Salam hangat dan salam damai selalu….🙂

  33. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank sukses selalu yaaaak
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  34. begitu mulianya seorang ibu, baik dimata Rasulullah maupun Allah swt, dengan adanya surah an-Nisaa, Allah swt benar2 memuliakan ibu.
    Sebagai seorang ibu, saya tentu saja ingin mencontoh kebijaksanaan dan kasih sayang ibu saya yg tdk pernah lekang dimakan waktu.
    Namun, saya juga tetap ingin mencontoh sikap tegas ayah dlm mendidik dan membesarkan anak2nya bersama ibu.
    Terima kasih Allah, telah KAU berikan kedua orang tua yg hebat bagiku, amin.
    Jadi, kangen pada mereka berdua..hiks….hiks….
    Salam.

    • Ibu dan Ayah, adalah anugerah terindah yg Allah berikan pada kita… Semoga kita dapat selalu memuliakan kedua beliaunya… Salam hangat dan damai selalu, Bunda….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s