87 comments on “Tuhan Sekarang Dimana

    • Ucapan dan tingkah polah seorang bocah…kadang benar2 tak terduga…hehehe Semoga Tuhan..selalu membuka mata hati dan pikiran kita, utk dapat memahami serta menerima Kebesaran dan KeagunganNya… Salam hangat… Salam damai selalu…

  1. kadang memang pertayaan yang mengelitik tapi sulit di jawab. tapi sama seperti angin bahkan tak ada duanya. tidak terlihat namun bisa dirasakan. Dialah Allah yang maha ghoib.

    • Apa yg ada dalam pikiran manusia, memang sering tak terduga… Apalagi kalo arahnya udah ke masalah Ketuhanan…sangat2 tak terduga… Padahal, Dia itu tak bisa diduga-duga atau pun dikira-kira…
      Salam hangat.. Salam damai selalu….

    • Sesuatu yg sederhana, tapi kadang jadi bikin mikir tujuh keliling…hehehe
      Makasih kunjungannya yaaa…
      Salam hangat dan damai selalu….

    • Makasih banyak atas sanjungan yg diberikan, aku jadi malu nich…hehe Aku hanya ingin sekedar menulis apa yg aku lihat, dengar, dan rasakan… Salam hangat dan damai selalu, utk Blue sahabatku…

    • SETUJU sama Blueeee Mas Haryana semakin masuk dalam kedalaman dan berenang dalam samudera ILMU ALLAH TA’ALLA.. maju terus yaaaaak

      • makanya kita terutama blue harus banyak belajar sama sahabat sahabat kita terutama blue meski belajar banyak sama kangboed
        salam hangat selalu

        semoga indah pada harinya ya sahabat

        • Mari belajar sama2 yuk… Senang sekali rasanya punya banyak sahabat, utk bisa saling belajar dan berbagi… Semoga hari2mu….akan selalu ceria juga, sahabatku… Salam hangat… Salam damai selalu….

    • Hehehe…jadi tambah malu aku, Kang… Aku masih harus banyak belajar dari Kang Boed…. Oke, Kang…saya akan selalu berusaha utk dapat menyelami apa yg sudah Dia berikan untukku… Salam hangat… Salam damai selalu…

  2. humm… anak kecil kadang malah lebih sering mengajukan bermacam pertanyaan filosofis ketimbang orang2 dewasa yang pikirannya sudah penuh dengan banyak hal lain…

    • Anak kecil…pikirannya lebih polos dan murni… Beda banget ama kita2 yg udah kebebanan memory banyak…hehe
      Salam hangat dan damai selalu…

  3. Saya juga bingung kalau pertanyaan itu ditujukan kepada saya?
    Apalagi yang nanya anak kecil, tentu harus dijelaskan dengan bahasa anak kecil juga.
    Dan jawaban Tuhan sekarang ada dimana? Saya yakin jawaban saya dan jawaban Kang Haryana pasti beda, karena kita punya tafsir sendiri tentang itu.

    Tuhan dimana ya?

    • Kita taunya Tuhan itu dimana, cuma dari teori, Kang… Utk pembuktian, juga belum pernah…jadi tambah bingung kalo disuruh jawab pertanyaan seperti itu, apalagi harus jawab pertanyaan anak kecil…wah, tambah mumet, Kang….hehehe Yg penting kita kan percaya dan yakin kalo Tuhan itu ada, iya kan…? Salam hangat damai selalu, Kang…..

  4. Emang sapa tho, tu anak yang bertanya, jadi penasaran juga aku dengan dia. Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan itu, kalo gak salah inget dulu ada seorang narasumber, berkata Allah itu ada di sekitar kita,. selanjutnya dia menguraikan bahwa Allah itu lebih hebat dan kuasa, daripada itu program tv anak yang superhero seperti mungkin, Power Rangers, Satria Baja Hitam, dan program2 superhero lain yang sejenis dengan hal itu. Tapi kalo dipikir mantab juga pertanyaan anak itu, kayaknya dia golongan orang ke dua, bahwa dia ingin tau dan butuh diarahkan, apalagi sejak kecil sudah mengenal Allah dengan sempurna, mungkin seperti anak yang dzaman-zaman dahulu, umur 9 tahun aza dah hafal Al Qur’an lengkap. Kalo sekarang mana ada, aku aza yang usianya 22th hafal juz ama, cuma beberapa surat yang bisa dihitung ama jari.

    • Bocah itu…jagoan kecilku, mas…hehehe Dia memang sering nanya yg aneh2…bahkan kadang diluar dugaan logika kita. Jangankan kasih jawaban ke anak kecil, sedang ke orang yg seumur kita aja…aku juga pasti bingung njawabnya… Yaa, semoga ini bisa jadi pelajaran buat saya…utk belajar memahamiNya. Salam hangat… Salam damai selalu…

  5. Bener Mas… Disini ada Tuhan, disitu pasti juga ada Tuhan… Dimana-mana Tuhan pasti ada…. 🙂
    Salam hangat… Salam damai selalu….

    • Iyaa, mbak… Mulai nanya yg aneh2 dan diluar dugaan…hehehe Pertanyaan mendasar, yg sering bikin orang kelimpungan utk menjawabnya… 🙂 Salam hangat dan damai selalu, utk mbak Eka…

      • Namun dengan pertanyaan2 itu, kadang kita disentuh hatinya bukan ? 🙂

        saya percaya, terkadang Tuhan memakai anak2 untuk mengingatkan kita akan kasihNya. Karena hati anak masih polos tak berdosa

        • Tuhan cara bekerjaNya..bener2 sangat misterius… Kita kadang harus memeras otak serta menajamkan mata hati utk bisa menangkap serta memahamiNya…
          Salam hangat… Salam damai selalu…

  6. Aku biar ga ta’at2 bgt beribadah, suka merinding klo memikirkan kbradaan Tuhan, rasanya bumi dan luasnya jagad raya ini ga akan cukup menampung khadirannya.
    Salam lg ahk..hhehe..

    • Sungguh beruntung, orang yg tergetar hatinya saat mengingatNya… Hanya hati yg benar2 beriman kepadaNya yg sanggup menerima DzatNya…. Salam hangat dan damai juga mas….

    • Pagi juga mas….. Bener juga yaa, kita harus pandai2 mengikuti perkembangan yg ada. Paling tidak, supaya bisa mengarahkan si kecil agar tidak salah jalan… Salam hangat… Salam damai selalu…

  7. Assalamu’alaikum,
    Tidak mudah menjawab pertanyaan seorang anak kecil, kita harus menjawabnya dengan bahasa yg sederhana yg mudah dipahaminya. Tapi anak yang banyak tanya seperti itu, adalah anak yg cerdas Mas. (Dewi Yana)

    • Wa’alaikumsalaam… Lumayan bingung mbak, kalo ngadepin pertanyaan seperti itu. Apalagi munculnya dari anak kecil, wah…tambah bingung jelasinnya…hehehe Mudah2an jadi anak yg cerdas tapi juga ngerti serta berbudi luhur… Makasih yaa mbak..udah sering berkunjung kemari.. Sebaliknya, saya yg jarang ke tempat mbak Dewi…. Salam hangat dan damai selalu….

  8. o jadi jagoan kamu mazHary, heemm kok jagoan yach, emang dia jago apaan sich,? hehehe,….

    ^-^ maaf ku cuma becanda ^-^

    Yups satu pandangan juga sama mba’ Dewi yana,
    Tapi kalo udah dewasa dan mampu berfikir dengan baik, janganlah terlalu banyak bertanya tentang Ketetapan Allah, sebab itu adalah penyakit kaum yahudi, dan yang menyebabkan dia ingkar kepada perjanjian Allah. Sebagai muslim yang baik cukuplah ”saya dengar dan saya ta’at ”

    • Bener mas… Terlalu banyak bertanya tentang hal2 di luar kemampuan otak kita, akan menyebabkan kita malah tersesat tak tentu arah..apalagi jika berlebihan utk selalu ingin tau tentang Tuhan…. Semoga hati kita, dapat menerima hidayahNya… Salam hangat dan damai selalu…

  9. Katanya ngasih pengertian Tuhan ke anak kecil adalah dengan memperlihatkan karya2 Tuhan dari alam sekitar. Atau dengan hal-hal sederhana, misalnya saat akan makan ingatkan anak bahwa makanan ini asalnya dari Tuhan karna Tuhan sayang adik, karna itu sebelum makan ajak anak untuk bersyukur dalam doa. Itu hanya misalnya. Menjelaskan Tuhan kepada anak2 memang gk mudah ya. Tapi (katanya juga) jangan menjelaskan konsep yang terlalu berat pada anak2 misalnya surga dan neraka.

    Itu dari apa yang sy baca2. Karna sy jg belum mempraktekannya secara langsung.

    Salam hangat mas…

    • Salam sejahtera juga, mas Udien… Semoga lebaran ini, benar2 membawa kemenangan utk kita semua… Selamat menyongsong lebaran yaa…
      Salam hangat dan damai selalu…

  10. Mashalloh….
    habis bangun tidur..makan sahur dan shalat subuh, ternyata langsung mendapatkan suguhan yang menarik… terima kasih sahabat…
    bahwa akal dan otak manusia sudah berkembang terlalu jauh meninggalkan jiwanya mungkin ini benar…

    • Makasih kembali, yaa Mas… Syukurlah jika tulisan sederhana ini, bisa membawa manfaat…
      Semoga akal dan pikiran kita dapat selaras dgn jiwa dan hati kita…
      Makasih banyak utk kunjungannya…
      Salam hangat dan damai selalu…

  11. Ping-balik: Tuhan Sekarang Dimana

  12. he.. he.. kalo dulu saya kerap kali berfikir bahwa Tuhan itu laki- laki, sebagai dampak dari ilustrasi lagu wajib Syukur.. ada sosok berjubah putih berjenggot putih diantara awan- awan..

    • Wah, sama kalo gitu Mas… Saya malah pernah membayangkan, Dia duduk dalam singgasanaNya yg megah banget..hehehe
      Salam hangat Mas… Dan salam damai selalu…

    • Masalah pemahaman…kita malahan sering gak nyambung, yaa Mas… Mungkin karna masing2 orang, masih kukuh mempertahankan argumen serta keyakinannya sendiri…
      Terimakasih atas kunjungan serta masukannya…
      Salam hangat dan damai selalu….

  13. dulu saya pernah baca cerita di An-nida (majalah)..tentang kaka yang selalu ditanya adek nya Allah ada diman..karena kesal ditanya terus-terusan akhirnya sang kaka menjawab bahwa Allah ada di langit..
    pernyataan adeknya yang menarik, seperti ini kalo gak salah “pantesn Allah maha Tahu..lha kita yang di atas mall aja bisa lihat Jakarta apa lagi Allah yang ada di langit..” judulnya kalo gak salah “syahadat adekku”..
    salam rimba raya lestari..

    • Cerita yg menarik sekali… Saya salut dgn kepolosan dan kepintaran si adek…
      Salam hangat dan damai selalu, utk sang pecinta rimba raya lestari…

  14. tuhan itu ada di hati setiap orang yang percaya 😀

    Tuhan senantiasa hadir, dalam hati orang2 yg benar2 yakin serta percaya kepadaNya…
    Makasih banyak atas kunjungannya kemari… Salam hangat dan damai selalu…

  15. berusaha sambil berdoa dan terus bersukur aja deh 😀

    Yaaa…setuju banget… Dgn banyak bersyukur, Tuhan akan membuka jalan pintu rahmat dan nikmatNya pada kita…
    Salam hangat.. Salam damai selalu…

    • Kepolosan seorang bocah…sering membawa kejujuran… Dan Tuhan, sering mengingatkan itu pada kita… Semoga kita bisa menangkap dan memahami pesan2 tersebut… Makasih banyak atas kunjungannya… Salam hangat dan damai selalu….

    • Seperti biasa, Blue… Pake sambal terasi…itu lauk wajib saya…hehehe
      Ayo kita buka bersama… Tapi dimana yaa ketemunya…hehe
      Salam hangat… Salam damai selalu, sahabatku…-

  16. Hehehe…cepet nangkap, tapi juga cepet lupa yaaa…
    Eh…itu bisa pake operamini yaaa…? Wah, bisa dicoba nich… Makasih infonya Mas…
    Salam hangat… Salam damai selalu….

  17. Ebiet G. Ade bilang “Tuhan ada disini, didalam jiwa ini, berusahalah agar Ia terseyum…”,
    dan memang tidak dimana-mana kok, karane memang Dia ada dimana-mana…
    Salam Kenal.

    • Hehehe… Pertanyaan yg kadang datang tak diduga-duga…. Semoga tulisan sederhana ini, bisa memberi sedikit manfaat… Salam hangat dan damai selalu….

  18. @peraja: aku udah lihat mas…. Tapi masih belum koment…hehehe
    tadi coba komentar pake bolt gak bisa masuk… Oh yaa, selamat n makasih banyak utk awardnya yaaa… 🙂

    • @alamendah: yup…semoga kita akan selalu menjadi orang senantiasa yakin dan percaya KepadaNya… Makasih banyak, sobat… Salam hangat dan damai selalu….

  19. Tuhan ada di atas langit, kebanyakan orangpun kan jawab dan tahu demikian adanya, pengetahuanNya dan rahmatNya yang ada di alam semesta, termasuk di dalam hati orang-orang yg Yakin serta Percaya KepadaNya…

  20. buat yang ga percaya bisa timbul penafsiran beda.
    misalnya komentar teman atheis saya waktu saya kasih alasan bahwa saya percaya tuhan karena dia menjaga hati saya
    katanya: sayang tuh saya ga bisa merasakan keberadaannya di hati saya

    • Tiap rasa manusia…memang selalu berbeda yaa… Semoga hati, rasa, dan pikiran kita…akan selalu bersamaNya…
      Salam hangat… Salam damai selalu…

  21. Karena faktor gizi dan perkembangan genetik manusia dari zaman ke zaman, jadi orang sekarang lebih cerdas, kritis dan pandai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s